Kumpulan Istilah Pada Blogger

Kumpulan Istilah Pada BloggerKumpulan Istilah Pada Blogger. Setiap pengguna internet saat ini yang ingin mendalami dunia blogging, setidaknya memiliki pemahaman terhadap beberapa istilah-istilah pada blogger yang mungkin akan sering didapatkan ketika mempelajari lebih lanjut tentang blogging. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi referensi tentang Kumpulan Istilah Pada Blogger untuk pengunjung blog ini dimana dengan adanya daftar istilah ini para blogger akan lebih mudah dalam memahami istilah-istilah yang akan didapatkan nanti ketika mulai mendalami ilmu bloggingnya. Berikut daftar beberapa istilah yang ada dalam dunia blogging :

DHTML : DHTML (dynamic HTML) adalah HTML dengan tambahan format-format khusus dan script untuk membuat halaman-halaman Web lebih interaktif. Meski baik Microsoft Internet Explorer 4.0 dan Netscape Communicator 4.0 mendukung fitur-fitur DHTML, kedua cara yang digunakan tidak kompatibel, sehingga sebuah halaman yang ditulis dengan DHTML mungkin terlihat baik pada salah satu browser tetapi tidak bisa dibuka dengan baik pada browser lainnya.

Digg : Situs social bookmarking paling terkenal di dunia. Pada dasarnya Digg adalah sebuah situs yang dihidupi oleh penggunanya, dimana anggota komunitas Digg memberikan vote terhadap sebuah artikel yang akan tampil di halaman depan situs tersebut. Bagi kebanyakan pemilik situs, tampil di halaman depan Digg adalah sebuah kebanggaan. Ia bisa memberikan ribuan pengunjung hanya dalam waktu sehari. Meskipun demikian, terdapat kontroversi terhadap kualitas traffic pengunjung yang datang dari Digg karena pengunjung biasanya jarang kembali lagi dan jarang meng¬klik iklan.

Domain : Juga dikenal sebagai nama domain atau nama hosting domain, adalah nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia internet. Contoh nama domain adalah Yahoo.com.

Domain Name Service : Sistem database terdistribusi yang tidak akan banyak terpengaruh oleh bertambahnya database.

Domain Name Sistem : 1. Sistem yang menerjemahkan antara alamat IP dan host name Internet. 2. Sistem pemberian alamat yang digunakan dalam lingkungan Internet. Intinya memberi nama lain pada alamat Internet Protocol yang terdiri dari dua bagian, yaitu identitas organisasi (nama organisasi) dan jenis organisasi (.com, .edu, .net, dsb).

Duplicate Content : Konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog. Mesin pencari (misalnya Google Search Engine) cenderung menjatuhkan penalti untuk situs atau blog dengan konten-¬konten hasil duplikasi.

Encryption : Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.

Favicon : Kependekan dari “Favorite Icon”, adalah sebuah ikon yang diasosiasikan dengan logo sebuah situs atau blog dan akan muncul pada bagian browser atau bagian bookmark. Favicon dimaksudkan untuk memudahkan mengidentifikasi sebuah situs atau blog.

Feed : Disebut juga feed web atau feed news, adalah sebuah format data yang digunakan di dunia internet untuk memudahkan penggunanya mendapatkan updates artikel dari situs atau blog favoritnya. Terdapat dua jenis format utama feed: RSS Feed dan Atom Feed.

Feed Count : Biasanya merujuk pada widget dari FeedBurner yang berfungsi memberikan laporan jumlah pelanggan RSS pada suatu situs atau blog.

FeedBurner : Sebuah perusahaan online milik Google yang menyediakan layanan RSS Feed. FeedBurner merupakan layanan gratis yang menyediakan RSS Feed dengan berbagai fitur menarik, dan memudahkan pemilik situs atau blog mengumpulkan data statistik RSS Feed situs atau blognya.

File Sharing : Kemampuan suatu jaringan untuk mengijinkan pemakaian file oleh beberapa pengguna pada saat yang bersamaan.

Google Plus One atau Google+1
Google Plus One merupakan salah satu layanan media sosial dari google yang memungkinkan para pengguna blogspot bisa saling berinteraksi sesama blogger dan bukan blogger. Layanan ini sekarang memiliki peranan penting terhadap perkembangan blog masing-masing blogger baik dari segi popularitas maupun ranking hasil pencarian.

Beberapa istilah di atas mungkin sudah banyak yang tau dan mungkin masih ada yang belum tau. Olehnya itu, sudah menjadi kewajiban saya untuk membagikan Kumpulan Istilah Pada Blogger di atas dengan harapan semoga bisa bermanfaat dan bisa dipergunakan sebagaimanan mestinya. Jika ada yang kurang jelas dengan penjelasan beberapa istilah blogger di atas, mari kita diskusikan lebih jauh. Salam blogger..!!!

Bagikan :

23 Responses to "Kumpulan Istilah Pada Blogger"

  1. wah keren nih gan, bnyk istilah2 yg bru ane tau. thanks gan udah sharing. sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Kalau istilah2 yg kayak gituan mungkin akan saya kelompokan dengan istilah2 yang lainnya sob dalam kategori bisnis online. makasih atas kunjungan baliknya ya sob... :D

      Hapus
    2. Bang Misbah mah PPC aja yang ada dipikirannya, ladang dollar ladang dollar hihi. Sob aku mau nanya beberapa hari ini di bingungkan dengan istilah "Link Juice" itu maksudnya apa ya sob, udah coba cari-cari informasinya lewat SE tapi belum nemu yang greget gitu. Mohon di share ya sob ilmu pengetahuannya...

      Hapus
    3. Ok sob nanti aku coba jelasin menurut yg saya pahami tapi bukan di halaman ini tapi nanti di rumah aja saya buatkan tritnya ya :-)

      Hapus
  3. masih ada lagi gak istilah2 blogger selain yang diatas sob.. hehe..

    oh iya link blog'nya sobat udah saya update, thanks ya sob atas pemberitahuan'nya..

    BalasHapus
  4. Jangan lupa mas, SEO juga ditambahkan nanti ya :D

    BalasHapus
  5. Lengkap sekali istilah-istilah yang ditulis sob ...

    BalasHapus
  6. sob. sebelumnya saya minta maaf. bisa nggak sob link saya www.nakusan.com yang di blog sobat ini di ganti dengan http://nakusanbali.blogspot.com. link blog sobat tetep saya taruh di blog saya www.nakusan.com.

    maksudnya biar backlinknya satu arah gitu..hehe
    itu bila sobat berkenan mengganti link saya.
    terima kasih sebelumnya sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok sob, apa sih yang nggak buatmu.. Hahahayy...

      Hapus
  7. Setelah berkunjung dan membaca dengan detail postingannya bro ini saya jadi lebih banyak tau tentang istilah istilah dalam dunia per bloggingan... terima kasih yah kk :D

    BalasHapus
  8. saya hampir tau semua fungsinya, tapi ngak tau secara mendetail definisinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua istilah di atas memang sudah tak asing lagi untuk kita ketahui sob dan mungkin setiap hari sobat melihat dan membacanya tapi untuk secara detailnya mungkin belum dan mungkin termasuk juga saya sob.. Makasih atas kunjungannya

      Hapus
  9. Terima kasih sobat atas sharenya, sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang istilah Blogger..

    Mohon Maaf Lahir Dan Bathin..

    BalasHapus
  10. telat datang tapi alhamdulillah masih bisa datang, kumpulan informasi yang menarik untuk disimak sob, selamat lebaran minal aidin walfaidzin.

    BalasHapus
  11. Oh disini toh blognya mas Agung yang biasa mampir di kejarduit :D

    kenapa ko ga pernah ngasih linknya di kolom url? Kan bisa kenal lebih jauh, hehe

    -Mk

    BalasHapus
  12. knpa istilah backlink tak termasuk ya bang xixiii......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan pengertian backlink sobat udah tau dan lebih paham malah jika dibandingkan dengan admin blog ini makanya saya sengaja tidak menyertakannya dalam daftar istilah blogger di atas... :D

      Hapus
  13. hehehe keren2 dinda ku hahahayyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..wah... ada kunjungan resmi nih dari big bos nya Live Simple... :D

      Hapus
  14. Numpang nnya, buat artikel trsembunyi tu gmana y. Mksdny tuh kt bt artikel trus dlm artikl kt tuh ada artikel lg. Ngerti g yg aq mksd. Aq jg krg paham cara jelasinny. Mmklum newbie hehe

    BalasHapus

Silahkan sobat tinggalkan komentarnya bila ada yang perlu dikomentari dari informasi atau postingan di atas. Terima kasih sebelumnya atas kunjungan dan komentarnya. Minta tolong untuk tidak menyisipkan Link aktif pada isi komentarnya, yang mau promosi bisnis, layanan/jasa lewat komentarnya, silahkan saja yang penting jangan menyisipkan link aktif serta masih ada hubungannya dengan topik utama blog ini. :-)