Cara Cek Broken Link Blog Dengan Brokenlinkcheck.com

Cara Cek Dan Perbaiki Broken Link Blog Dengan Brokenlinkcheck
Cara Cek Broken Link Blog Dengan Brokenlinkcheck.com. Brokenlinkcheck.com merupakan salah satu layanan untuk melakukan pengecekan broken link pada blog. Layanan ini bisa kita (blogger) gunakan untuk melakukan pengecekan kondisi link-link yang sudah tertaut dengan halaman blog kita baik link yang menuju halaman blog kita sendiri maupun link yang menuju halaman diluar blog kita. Pada postingan sebelumnya, saya sudah pernah bahas mengenai beberapa layanan untuk uek broken link pada blog dimana pada postingan tersebut saya sudah singgung layanan brokenlinkcheck.com dan maksud saya membuat postingan ini, hanya untuk lebih memperjelas lagi (berdasarkan pengalaman saya) tentang penggunaan layanan tersebut. Siapa tahu sobat blogger belum ada atau belum paham betul untuk menggunakan layanan itu.

Mungkin sobat blogger masih ada yang belum paham tentang link broken pada blog. Kalau begitu saya coba jelaskan dulu menurut yang saya pahami tentang hal ini. Broken link merupakan kondisi link yang ditemukan pada suatu halamn web atau blog baik yang bersifat internal link (dari halaman satu ke halaman lainnya yang masih berada dalam web atau blog yang sama) maupun eksternal link (dari halaman web atau blog menuju halaman lain yang berada di luar halaman web atau blog tersebut). Ada beberapa hal yang bisa menjadikan suatu link dikatakan dan dilaporkan sebagai broken link yaitu link tersebut menuju halaman yang sudah dihapus, kesalahan server, ada kesalahan dalam penulisan link tersebut, dan lain-lain.

Sehubungan pula dengan hal broken link pada blog, mungkin ada juga sobat blogger yang akan bertanya, apakah broken link pada web atau blog ada pengaruhnya terhadap kondisi SEO suatu web atau blog, untuk hal ini saya belum bisa berbicara lebih jauh soalnya ada banyak hal yang mesti diperhatikan untuk digunakan sebagai bahan diskusi tentang pengaruh broken link pada suatu web atau blog. Tapi berdasarkan informasi yang saya baca pada saat berkunjung di salah satu blog master seo, dia pernah mengatakan seperti ini sehubungan dengan pengaruh broken link pada kondisi SEO suatu web atau blog. Berikut penjelasannya :
Apa ada kaitan antara broken link dengan SEO? Ya, ada pastinya. Jika tidak, maka informasi ini tidak akan anda temukan di Google Webmaster Tools. Broken link atau link rusak adalah satu dari beberapa poin "Kesalahan Perayapan" (Crawl Errors) dan "Kesalahan Situs", lebih spesifiknya lagi "Kesalahan URL", maka memang harus diberikan perhatian penuh. Jumlah broken link yang signifikan akan memberikan penilaian pada Google bahwa sebuah website/blog tidak sehat serta memiliki perubahan konten signifikan namun tidak segera diperbaiki (misalnya jika anda membeli domain yang pernah dimiliki oleh pihak lain dan mengubah kontennya). Semakin banyak broken link, semakin tidak sehat sebuah situs. Di mata Google, broken link sama saja sebuah "suguhan kosong" bagi pengunjung. Oleh karena itu, semakin banyak jumlah broken link ditemukan, Google akan menurunkan nilai penting website/blog anda. Artinya, peringkat web/blog anda di SERP akan semakin merosot. So? Perbaikilah! (Ahmad Khoirul Azmi)
Sebelum saya jelaskan lebih jauh tentang cara cek dan perbaiki broken link pada blog dengan menggunakan layanan brokenlinkcheck.com, alangkah baiknya saya informasikan dulu beberapa fitur yang ada pada layanan ini. Adapun beberapa fitur yang ada pada layanan brokenlinkcheck.com adalah sebagai berikut :
  • Melakukan pengecekan link yang bermasalah atau link mati pada web atau blog.
  • Dapat melakukan proses scaning pada link blog dengan jumlah yang tidak terbatas dari halaman web (Versi gratis memiliki batas 3000 halaman, namun tidak ada batasan pada jumlah hyperlink dalam laman web).
  • Melakukan proses validasi pada link baik link internal maupun eksternal.
  • Menunjukkan lokasi link yang bermasalah dalam bentuk kode HTML pada blog.
  • Menunjukan Kode laporan error (404 dll) untuk semua URL yang buruk.
  • Bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, Mac OS X, Linux / UNIX, dan iOS.
Itulah beberapa fitur yang sudah disediakan pada layanan ini untuk mempermudah penggunanya pada saat menggunakan layanan brokenlinkcheck.com. Selanjutnya silahkan simak penjelasan saya tentang bagaimana melakukan pengecekan broken link pada blog dengan menggunakan layanan brokenlinkcheck.com serta bagaimana memperbaiki broken link tersebut.

Pertama, silahkan sobat kunjungi halaman Online Broken Link Checker atau langsung saja klik link ini Online Broken Link Checker. Pada halaman tersebut ada dua langkah yang harus sobat lakukan yaitu masukan link homepage atau link halaman depan blog sobat misalnya www.namablog.com atau namablog.blogspot.com. Pada langkah kedua silahkan sobat masukan kode keamanan pada kolom yang telah disediakan dan jika teks kodenya kurang jelas, silahkan klik "Generate New Code" untuk meminta kode keamanan yang baru. Di bawah kode keamanan tersebut, ada dua pilihan yaitu "report distinct broken links only" dan "report all occurrences of each dead link (may be slower)". Menurut pemahaman saya, kedua pilihan tersebut pada dasarnya mmiliki fungsi yang sama tapi ada sedikit perbedaan pada hasil scaning dari kedua pilihan tersebut. Menurut saya biarkan saja begitu pilihannya dan jika mau dicoba, silahkan lakukan setelah proses scaning pada pilihan kedua sudah selesai. Jika kedua langkah tersebut sudah sobat lakukan, selanjutnya silahkan klik perintah "Find Broken Links Now !". Silahkan tunggu proses scaningnya pada link-link yang ada pada blog yang sobat masukan linknya pada langkah sebelumnya tadi. :-)

Cara Cek Dan Perbaiki Broken Link Blog Dengan Brokenlinkcheck

Kedua, Setelah sobat klik perintah "Find Broken Links Now !", silahkan tunggu proses scaningnya pada link-link yang ada pada blog sobat dan kalau sudah selesai prosesnya, silahkan perhatikan link-link yang ada pada laporan hasil scaning broken link yang dimunculkan. Pada bagian broken link, link-link itulah yang bermasalah pada blog sobat dan pada bagian server response, menginformasikan kode kesalahan pada link tersebut misalnya 404 (Page Not Found) berarti link tersebut menuju halaman yang sudah dihapus atau halaman tidak ditemukan, bad host (Invalid host name) berarti nama host tidak valid alias server dengan link tersebut tidak bisa diakses, timeout berarti permintaan HTTP terus-menerus habis selama pemeriksaan tautan dan masih banyak beberapa kode respon server lainnya tapi biasanya yang sering muncul pada hasil proses scaning broken link adalah kode-kode respon server yang saya jelaskan ini. Pada bagian "Page where found", menginformasikan halaman letak link bermasalah tersebut berada dan untuk mengetahui secara pasti letak link bermasalah tersebut, silahkan sobat klik link "src" maka sobat akan diarahkan pada halaman source code letak link yang bermasalah tersebut. Jika broken link tersebut berada pada bagian komentar blog sobat, silahkan lihat link halaman posting blog sobat dan cari link atau nama pemberi komentar pada link halaman tersebut dan jika broken link-nya berada dalam postingan sobat, silahkan diedit ulang postingan tersebut dan cari dan perbaiki broken linknya. Jika semua broken link yang ada pada laporan hasil scaning broken link tersebut sudah sobat perbaiki, tidak ada salahnya untuk melakukan sekali lagi scaning broken link pada blog-nya.

Cara Cek Dan Perbaiki Broken Link Blog Dengan Brokenlinkcheck

Sebetulnya ada banyak layanan yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengecekan kondisi link atau broken link pada blog dan beberapa di antaranya sudah saya jelaskan pada postingan saya sebelumnya. Pada postingan saya tersebut saya sengaja tidak menyertakan salah satu layanan yang merupakan layanan yang disediakan oleh google untuk para blogger atau webmaster. Nama layanannya adalah Google Webmaster Tools. Mungkin pada postingan selanjutnya baru akan saya bahas tentang layanan google yang satu ini sehubungan dengan broken link pada blog.

Demikian informasi dari saya kali ini tentang cara cek dan perbaiki broken link blog dengan menggunakan layanan brokenlinkcheck. Silahkan dicoba untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi link-link yang ada pada blognya. Mudah-mudahan informasi yang saya jelaskan pada postingan ini bisa membantu sobat dalam memperbaiki link-link yang bermasalah pada blognya baik yang bersifat internal link maupun eksternal link.

Bagikan :

29 Responses to "Cara Cek Broken Link Blog Dengan Brokenlinkcheck.com"

  1. Berhubung ane pecinta warna biru, maka ini adalah template yang ane lagi cari2.
    Kategorinya: Judul artikel n link di sidebar berwarna biru (kl di blog ane hitam), 2 kolom dan ada ruang tuk banner di header. Jadi di lihatnya sejuk di mata ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sobat mau nanti saya kirimkan atau infokan link download template ini. Template yang ada di blog ini sebetulnya 3 kolom tapi saya jadikan 2 kolom soalnya saya nggak terlalu familiar dengan template yg 3 kolom sob. Template ini juga udah banyak yg saya rubah dan masih akan terus saya edit sampai mantap menurut hemat saya.. ^_^

      Hapus
    2. Memang keren template ini enak dilihatnya simple dan menawan

      Hapus
  2. Ooh iya soal tutorial ini, ane mo langsung praktekin aah...
    Mkasih info-nya Bos Agung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dipraktekkan sob dan semoga bisa membantu sobat untuk cek dan memperbaiki broken link pada blognya. Sebelumnya terima kasih banyak atas kunjungannya di blog saya yang ini..

      Hapus
    2. Blog ane banyak buanget brokenlink nya haduuhhh

      Hapus
  3. saya akan bookmark artikel ini sob,, ntar kalau saya lupa cara memperbaiki broken link kan enak langsung meluncur kemari.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dibookmark sob dan mudah2an bisa membantu sobat nanti bila ingin mengetahui dan memperbaiki broken link pada blognya. ^_^

      Hapus
  4. lengkap bener penjelasannya sob. mantep deh pokoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, udah lengkap ya sob padahal masih ada sebetulnya yang mau saya tambahkan kemarin itu tapi jangan sampai malah bikin bosan yang baca tulisan ini. Tumben berkunjung jam2 segini sob tapi thankslah atas kunjungan fajarnya.. ^_^

      Hapus
  5. Makasih Infonya sobb... :D hhhe

    BalasHapus
  6. wow...banyak kali broken link blog ane sob? Makasih ya untuk infonya?? salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama sob dan makasih juga atas kunjungannya di blog saya yang ini.. ^_^

      Hapus
  7. memang broken link di blog bisa mengakibat fatal dan sangat tidak bagus mas, selain dorong blog ke daftar blacklist dan juga ada nampak yang mengakibat negatif lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih tapi ada juga yang jelasin ke saya kemarin lwat facebook bahwa broken link ini tidak trlalu pnting2 amat sih untuk ditanggapi soalnya tidak brpengaruh pada SERP blog kita. Tapi bagi orang yg pengen blognya sehat wal afiat pasti tidak akan membiarkan hal ini berlarut2 di blognya. Makasih atas kunjungan dan tanggapannya sob di halaman ini. :)

      Hapus
  8. Hey... Terima kasih banyak informasinya, postingan ini benar-benar sangat bermanfaat :)

    Saya jadi tahu link-link rusak yang ada pada blog saya, dan untuk menghapus dan mengeditnya pun ternyata mudah, karena letak link rusaknya sudah ditunjukkan, hanya tinggal klik aja.... :D

    Tadi coba cek blog saya, ternyata ada 101 broken link, sudah dihapus dan diedit, sekarang jadi 0 broken link, terima kasih ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai... De. Sama-sama sob dan terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk hadir di halaman ini. Syukurlah kalau penjelasan saya di atas udah bisa membantu sobat dalam mengecek dan memperbaiki broken link pada blognya. Lain kali mampir lagi ya.. :)

      Hapus
    2. Iya... postingannya sangat bermanfaat :)

      Hapus
  9. bagus juga ya tool'a.. ane baru tau sob.. jadi tak coba dulu, takut ada yg broken link ni blog ane..
    btw ini blog udh lama sob? :D

    BalasHapus
  10. thanks sob infonya
    saya cek blog q tidak ditemukan broken link
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah sob kalau blognya tidak memiliki broken link. Itu artinya blognya sobat sehat2 saja. Makasih atas kunjungan baliknya sob.. ^_^

      Hapus
  11. kalau menghapus broken link secara otomatis dan tidak secara manual bagaimana bro...

    BalasHapus
  12. wah hrs segera saya check nih blog saya siapa tahu ada broken link didalamnya :D

    makasih tipsnya mas :)

    BalasHapus
  13. kebanyakan link yang broken terdapat pada profil komentator ya mas. Jadi capek juga kalau harus hapus satu per satu. Tapi untungnya di wordpress ada fitur edit komentar ehehehe jadi lebih mudah :D

    BalasHapus
  14. Wahaha, blog ane ternyata gak ada broken linknya gan, bisa dimaklumi sih, mungkin karena umur blog ane yang masih baru ya, jadi jumlah linknya masih belum terlalu banyak.

    BalasHapus
  15. saya coba dulu ,semoga tidak ada yang error :D

    BalasHapus
  16. untung aja ada situs brokenlinkcheck.com ya, sehingga mempemudah kita utuk cek broken link, seandainya saja tidak ada situs tsb, bakalan repot ya mas ;)

    BalasHapus
  17. makasih bnyak, artikel ini sangat membantu, saya akhirnya tau link mana yang mati di web saya..
    kalo ada waktu mampir di toko online saya ya
    http://jerseygradeoriginal.com/

    BalasHapus

Silahkan sobat tinggalkan komentarnya bila ada yang perlu dikomentari dari informasi atau postingan di atas. Terima kasih sebelumnya atas kunjungan dan komentarnya. Minta tolong untuk tidak menyisipkan Link aktif pada isi komentarnya, yang mau promosi bisnis, layanan/jasa lewat komentarnya, silahkan saja yang penting jangan menyisipkan link aktif serta masih ada hubungannya dengan topik utama blog ini. :-)