Kumpulan Istilah Pada Bisnis Online

istilah-istilah pada bisnis online, bisnis online, peluang bisnis online
Informasi Blogger - Kumpulan Istilah Pada Bisnis Online. Pada postingan kali ini saya mau sharing informasi tentang topik bisnis online tapi yang akan saya bahas bukanlah bisnis online yang sampai ke akar-akarnya melainkan masih seputar dengan istilah-istilah yang sering kita dapatkan dan temukan dalam menggeluti bisnis online. Kumpulan istilah pada bisnis online yang akan saya sharing ini mungkin sudah banyak yang tahu dan mungkin juga masih banyak sobat-sobat yang belum tahu informasi ini. Tapi tidak ada salahnya kan kalau kita saling berbagi informasi karena siapa tahu masih ada sobat-sobat blogger yang belum mengetahui beberapa istilah bisnis online yang akan saya informasikan ini.

Adsense : Jaringan periklanan online yang paling terkenal di internet. Adsense dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada para blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di blog mereka. Setiap kali seseorang mengklik teks iklan Google Adsense, maka si pemilik blog akan mendapatkan sejumlah komisi.

Advertiser : Pedagang atau perusahaan yang memberikan komisi. Advertiser bisa juga diartikan sebagai perusahaan atau seseorang yang bergabung pada sebuah layanan periklanan online dan memasang iklan produk usahanya pada layanan tersebut.

Adwords : Adwords memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan cost per click (CPC). Seorang pemasang iklan harus menentukan kata kunci yang hendak dibidiknya dan berapa harga yang bisa ia berikan untuk setiap kliknya. Iklan Adwords bisa muncul di halaman hasil pencarian Google maupun di unit iklan Adsense di situs atau blog yang mengikuti program Adsense.

Affiliate Marketing : Disebut juga affiliasi, adalah sebuah cara yang sangat populer untuk mendapatkan uang dari internet dimana seorang pemilik program affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi. Komisi bisa bersifat tetap atau berubah-ubah dan bisa berdasarkan klik, leads atau penjualan yang terjadi.

Click : Istilah untuk mewakili pemilihan obyek/menu dengan menekan salah satu tombol mouse.

CPC : Kependekan dari cost¬per¬click, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) memberikan sejumlah uang kepada setiap pengunjung yang meng¬klik iklannya dan mengunjungi situs atau halaman penjualan produknya. Di sisi lain, terdapat penerbit iklan (publisher) yang menampilkan iklan CPC di situs atau blognya dan mendapatkan uang untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung situs atau blognya. Jaringan iklan CPC paling terkenal adalah Google Adwords.

CPA : Kependekan dari cost¬per¬action, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar ketika pengunjung sebuah situs melakukan tindakan tertentu (misalnya ketika mereka berlangganan news letter atau membeli sebuah produk tertentu). Kebanyakan program affiliasi menggunakan skema CPA.

CPM : Kependekan dari cost¬permille, dimana mille berarti 1000 dalam bahasa Latin. CPM, dengan demikian berarti harga per 1000 impresi, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar harga tertentu ketika iklan banner atau iklan lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog.

Layanan Online : Layanan online (online service) adalah bisnis yang menyediakan beragam data yang ditransmisikan melalui saluran telekomunikasi kepada para penggunanya. Layanan online menyediakan insfratuktur yang dapat di gunakan para penggunanya untuk saling berkomunikasi, mengirim data menerima pesan e-mail atau berpartisipasi pada forum yang tersedia. Di samping itu, layanan dapa menghubungkan pengguna dengan informasi lain yang disediakan pihak lain. Pengguna mendapatkan harga saham terbaru, berita-berita terhangat, serta artikel dari majalah atau jurnal. Semua informasi ini di sediakan dalam bentuk digital.

Text Link Ads : Suatu bentuk layanan periklanan online dimana si pemasang iklan membeli sebuah link di situs lain dengan teks yang ia pilih sendiri dan biasanya tanpa tag nofollow. Praktek ini sangat populer hingga kemudian Google mulai memberi penalti situs-¬situs yang menjual ataupun membeli teks link dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pencarian search engine.

Viral Marketing : Sebuah teknik pemasaran untuk menyebarluaskan informasi dengan cepat menggunakan sarana email, blog dan kabar dari mulut ke mulut. Banyak situs sosial media dan situs sosial bookmarking juga dipergunakan sebagai sarana viral marketing.

Demikian informasi dari saya kali ini tentang Kumpulan Istilah Pada Bisnis Online. Sebetulnya masih banyak istilah-istilah lain sehubungan dengan bisnis online tapi mungkin akan saya infokan lagi pada postingan berikutnya. Jika ada sobat-sobat yang mau tambahkan, silakan masukan lewat komentar di bawah postingan ini. Salam Blogger Indonesia...!!!

Baca juga Daftar Istilah Pada Bisnis Online Pay Per Click (PPC)

Bagikan :

6 Responses to "Kumpulan Istilah Pada Bisnis Online"

  1. Jadi yang baru terjun dunia bisnis online jadi lebih mudah dengan adanya istilah yang sering kita dengar dibisnis online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa jangan terjun sob nanti tidak bisa lagi jalani bisnis onlinenya tuh. Hehehee...
      Makasih ya atas kunjungannya di halaman ini

      Hapus
  2. wah sebagian saya tau sebagian tidak tau, taunya baru di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah sobat bisa aja nih. Kayaknya sobat udah tau deh semuanya tuh.. Hehehe...

      Hapus
  3. Banyak yang dicantumin di sini mas, tapi baru beberapa yang udah pernah praktek :)
    Yang penting fokus pada satu atau beberapa hal saja dan sukses, daripada nyoba semua malah ga ada hasil :D

    BalasHapus

Silahkan sobat tinggalkan komentarnya bila ada yang perlu dikomentari dari informasi atau postingan di atas. Terima kasih sebelumnya atas kunjungan dan komentarnya. Minta tolong untuk tidak menyisipkan Link aktif pada isi komentarnya, yang mau promosi bisnis, layanan/jasa lewat komentarnya, silahkan saja yang penting jangan menyisipkan link aktif serta masih ada hubungannya dengan topik utama blog ini. :-)