Pengaruh Plus One Pada Artikel Blog

Pengaruh Plus One Dari Google Pada Artikel BlogInformasi Blogger - Pengaruh Plus One Pada Artikel Blog. Social media akhir-akhir ini sangat berperan dalam pergaulan sehari-hari baik itu dalam hal pertemanan, percintaan bahkan sampai ke hal bisnis sekalipun. Ada dua website social media yang paling terkenal yaitu Facebook dan Twitter, namun Google pun juga tak mau kalah berikutnya ia meluncurkan sebuah website social media juga yang diberi nama Google Plus One. Pada awalnya orang-orang belumlah melirik Google Plus One dikarenakan pada waktu itu Google Plus One masih barang baru dan juga fitur-fitur dan tampilannya pun masih belum bagitu menarik, lagipula orang-orang masih terbiasa dengan facebook & twitter. Namun lambat laun seiring perkembangan fitur-fitur yang dimiliki oleh Google Plus One akhirnya mulailah ramai orang-orang ikut juga menggunakan Google+ bahkan saat ini Google Plus One juga digunakan untuk tujuan komersil.

Penggunaan social media Google Plus One pun semakin meningkat terutama bagi yang menjalankan bisnis online dan juga melakukan strategi pemasaran dengan pengoptimasian pada mesin pencari Google atau biasa juga disebut dengan istilah search engine optimization. Ternyata Google Plus One pun juga bisa memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan peringkat pada hasil pencarian Google (SERP = Search Engine Result Page).

Algoritme Google kali ini memperkenalkan satu istilah baru yaitu Author Rank, yaitu sistem penilaian terhadap penulis blog mengenai artikel-artikel yang di terbitkan pada blog-blog tertentu. Sistem penilaian Author Rank sementara ini (karena algoritma Google selalu berubah-ubah) dilihat dari kuantitas dan juga lualitas tulisan-tulisan penulis tersebut. Seberapa sering ia update posting, seberapa bagus artikel-artikel yang ditulis dan berapa banyak orang yang merekomendasikan artikel-artikelnya. Dalam kata lain Author Rank ini hampir mirip seperti halnya Page Rank pada halaman website, hanya saja Author Rank ini adalah penilaian dari Google terhadap personal atau pribadi orang tertentu sedangkan Page Rank merupakan penilaian terhadap suatu halaman website.

Untuk agar Google bisa memberikan penilaian Author Rank, pertama-tama kita harus menghubungkan akun Google Plus One anda pada blog anda, jika blog anda dan akun Google Plus One anda sudah saling terhubung maka berikutnya jika anda memposting artikel pada bloga anda, berikutnya jika artikel anda sudah terindeks oleh Google maka profil Google Plus One anda akan muncul juga pada halaman hasil pencarian Google.

Jika Blog anda menggunakan Blogger.com (blogspot) maka untuk menghubungkan blog blogger anda dengan akun Google Plus One anda sangatlah mudah, pada bagian setting blogspot akan anda temukan link untuk menghubungkan dengan akun Google Plus One anda. Tapi jika anda menggunakan wordpress anda tinggal memasukkan url profil Google+ anda pada bagian profile di bagian dashboard wp-admin anda. Untuk cara lengkapnya seperti apa, tunggu posting kami berikutnya.

Lalu bagaimana Google Plus One dapat mempengaruhi hasil pencarian pada Google? bagi yang menggunakan Blogger dan sudah terhubung dengan Google Plus One maka setiap kali anda posting, Google Plus One akan secara otomatis memberitakan artikel yang baru saja anda posting pada blog anda. Bagi yang menggunakan WordPress ada baiknya anda menginstal plugin yang bisa mengklik +1 pada halaman artikel postingan blog anda.

Jika banyak yang mengklik tanda +1 atau bisa juga berarti direkomendasikan oleh orang lain maka akan semakin banyak pula peluang untuk tampil pada halaman pertama bahkan pada urutan pertama dihasil pencarian. Karena Google crawler akan melihat bahwa artikel tersebut direkomendasikan banyak orang tapi tentunya harus didukung oleh persentase bounce rate yang kecil. Karena jika persentase bounce ratenya besar berarti artikel tersebut tidak disukai oleh pengunjung, dan jika jumlah klik +1 banyak tapi persentase bounce ratenya besar maka Google Crawler akan membaca bahwa anda menyuruh pengunjung untuk mengklik tanda +1 tapi artikel yang anda tulis tidak berbobot atau tidak memberikan info yang menarik bagi pengunjung.

Bagikan :

19 Responses to "Pengaruh Plus One Pada Artikel Blog"

  1. Hem begitukah...

    bahkan blog saya belum saya kasih tombol g+

    semoga tak terlalu berpengaruh...
    atau lain kali saya akan memasangnya ;)

    thanks

    BalasHapus
  2. wah aku nya jrng buka akun google plus nya sob.hehehe
    oya blm di gnti dengan Domain TDL nya ya sob blog nya..?

    BalasHapus
  3. weh,,,keren nih blognya,,banyak yang di senggol juga disini,,,oya sob,,soal G+ emang bener banget,,terbukti dari salah 1 artikel kontes saya masih bertahan di halaman 1..amin,,,sekalian sob,,minta sumbangan G+ di blog saya sebagai pengganti goyang 69nya,,soalnya di sana saya copot dulu selama ikut kontes berlangsung...thanks...

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat sekali sob.

    BalasHapus
  5. Kunjungan peradan bro... serta konformasi kesuksesan 69... hehe

    BalasHapus
  6. ini blog Agung Talaga kah?

    mantap bener artikelnya sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sob sebelumnya jika sudah berkenan untuk memasang link blog ini di link partner blognya.... :D

      Hapus
  7. apa yang dikatakan sobat benar banget,, Google+ memang sangat berpengaruh terhadap blog kita.. ngomong2 blognya keren sob,, pantes lama gak muncul, lagi utak2 atik blog ternyata.. hehehe.. :D

    BalasHapus
  8. bener banget bang...pasti ada dampak positif dari pemasangan plus one-nya google.. optimasi keduanya memang bener2 bisa meningkatkan ratting postingan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti itulah algoritma google saat ini dalam memberikan penilaian terhadap postingan blog untuk ditampilkan dihasil pencarian mereka tapi sayang sekali postingan atau di blog ini belum saya pasang tombol itu. Kan aneh juga jadinya nanti. Nantilah saya pasang tombol plus one nya coz blog ini sementara dikembangkan juga. Artikelnya aja barusan lima tuh... :D

      Hapus
  9. untung saya udah pasang G+ gan. oh ya kalau belum ada teman apakah ada pengaruhnya share postingan di G+ ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baguslah kalau agan sudah memasang icon itu di blognya dan untuk pengaruh dan tidak pengaruh, saya kira jelas apa maksud dari tombol plus itu bahwa akan semakin mantap nanti jika plus one yg diberikan itu berasal dari pengunjung blog dan teman2 kita yg sdh bergabung dalam lingkaran di google plus. seperti itulah yg saya pahami sob. Jadi semakin banyak teman di google plus one, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan plus one dari teman2 tsb yg penting informasi atau postingan yg dishare menarik dan berkualitas. OK

      Hapus
  10. Wew, nice blog. Hehehe, saya malah baru tahu. Ya plusone memang berpengaruh terhadap SERP, tapi titik beratnya lebih kepada inter circle, jadi hubungan circle mempengaruhi relevansi dan rekomendasi Google pada penayangan indeks. Tapi untuk SEO secara langsung, menurut saya pengaruhnya masih dalam porsi sangat kecil.

    BalasHapus
  11. Enaknya pengguna Blogger ya, bisa langsung otomatis update di Google+ postingnya. Saya yang di WP masih perlu pakai plugin :D

    Thanks mas Agung infonya, kunjungan pertama nih :)

    BalasHapus
  12. kalau menurut saya jumlah plus satu pada Artikel yang kita share di google plus itu sangat mempengaruhi posisi Postingan kita di search engine sob....

    BalasHapus
  13. saya mau komen apa tadi ya. ko' lupa...

    tar balik lagi saya sob. ambil komen yang ketinggalan.

    BalasHapus
  14. mang benar sob, dengan adanya G+ postingan gampang terbaca utamanya yang ada di G+ dalam lingkaran kita

    BalasHapus
  15. kebetulan sob, saya sedang mempelajari google plus marketing. saya kira, untuk blogger dan pelaku bisnis online, google plus adalah pilihan yang tepat.

    BalasHapus
  16. mantap sob, jadi pada dasarnya sama dengan pagerank,kalo pagerank itu dilihat ari rank artikel di search engine,berarti rank author berdasarkan pada popularitas author berdasarkan klik +1 melalui artikel?

    BalasHapus

Silahkan sobat tinggalkan komentarnya bila ada yang perlu dikomentari dari informasi atau postingan di atas. Terima kasih sebelumnya atas kunjungan dan komentarnya. Minta tolong untuk tidak menyisipkan Link aktif pada isi komentarnya, yang mau promosi bisnis, layanan/jasa lewat komentarnya, silahkan saja yang penting jangan menyisipkan link aktif serta masih ada hubungannya dengan topik utama blog ini. :-)